October 2008


Sejak masuk sekolah dan tambah besar, Bram suka ngomong yang aneh-aneh. Ini beberapa contoh di antaranya.

  1. Kemarin, Bram tanya sama Ibu.
    “Ibu, tai itu apa sih?”
    “Tai itu pup (maaf!), Bram.. Memang kenapa?”
    “Temen Bambam, J***n kalo di sekolah suka bilang tai tai, gitu..” Wedewww
    “Bram gak usah ikut-ikut ya… pup kan jijik.. mosok omong yang jijik..”
    “Yaa…”
  2. Sekali waktu, Bram marah karena enggak boleh corat-coret di tembok. Ya iyalah .. kan sudah dibelikan whiteboard sama Bapak. Terus, buku gambar besar selalu tersedia, kenapa juga masih suka diam-diam gambar di tembok.
    “Ibu .. dasar bodo!”
    “Wah .. siapa yang omong begitu .. itu enggak sopan namanya, Bambam ..”
    “Itu .. oom yang di TV, ngomongnya begitu .. dasar bodo, katanya!”
    “Tapi itu jelek, Bam .. jangan omong begitu lagi ya ..”
    Beberapa hari kemudian, pas hari Sabtu sore, kami sama-sama lihat kartun di SpaceToon. Ada kartun yang seru banget, Ibu lupa judulnya. Pas adegan ayah si lakon memburu hantu pakai vacuum cleaner, si lakon menyelamatkan hantu itu. Terus, si ayah marah besar dan mengumpat, “Dasar bodoh!” … Wah, film anak-anak kok begitu ya .. Bram memandang Ibu dengan tersenyum, “Itu enggak bagus ya Ibu?”
  3. Pas sedang misa sore di gereja dan hampir selesai, Bram sejak awal merengek minta balon. Tapi, karena tadi siang kami sudah membelikan Bram setumpuk buku bergambar yang bagus (dan mahal .. hehe), sekali ini kami menolak permintaan Bram. Eh, Bram ganti minta bakpau. “Bambam mau bakpau aja, soalnya Bambam laper banget ni ..” Weleh, pake soalnya segala … 
  4. Sekali waktu, Bram tanya. “Ibu, kalau omong pakai ah itu boleh enggak sih?”
    “Misalnya, kayak apa?”
    “Kalau Bambam bilang, “Enggak mau, ah!” boleh enggak? Jelek ya Ibu?”
    “Enggak pa-pa kok .. Bambam bilang aja pakai ah .. boleh kok ..” Hehe..
  5. Bram ini sangat keras kepala. Kalau dilarang, pasti ada aja jawabannya. Padahal, kalau Bapak Ibu melarang itu, ya karena Bram sudah kebangetan. Misalnya, Bapak sedang tiduran nonton tv, tahu-tahu sama Bram diduduki perutnya. Padahal, Bapak habis makan .. Ya jelas, Bapak ngamuk-ngamuk, karena kejadian ini enggak cuma sekali, tapi sudah berkali-kali. Ntar, kalau dibilangin baik-baik, “Bambam, kalau didudukin begini kan sakit .. Bambam kan berat. Terus, Bapak habis makan juga .. jadi perutnya sakit…” Eh, si Bramnya bilang, “Biarin aja!” Hu … akhirnya karena sering jawab biarin, Bram kami kerjain. Bapak bilang, “Ibu, Bapak gak mau beliin Bram mainan lagi ah!” Ibu jawab, “Biarin!” Bram langsung panik, “Enggak .. Bambam mau mainan, Bapak ..” “Biarin ah, Bapak enggak mau beliin” Hari itu, kami bebas dari jawaban “Biarin” Tapi, besoknya kumat lagi …. hu .. bener-bener capek deh ..

Hari Senin (20/9) kemarin, Bram dapat dua buku cerita dari Tante Femi. Bukunya adalah tentang dinosaurus dan labirin. Ini buku pertama Bram tentang labirin, jadi Bram seneng banget. Sampai berhari-hari bukunya masih dibawa-bawa kalo mau bobok.

Pagi ini, Bram bangun jam 8 pagi. Ibu baru sampe rumah jam 6.15, soalnya semalam di kantor kena piket edisi bulanan. Mana Bapak ada workshop di Hotel Salak, Bogor, sejak kemarin. Acara baru selesai nanti siang. Nah, begitu bangun, Bram langsung bawa buku dan deketin Ibu.
“Ibu .. ceritain Dino dong…,” katanya. Duh .. mana mata Ibu gak bisa dibuka .. ngantuk banget ni .. hehe.. maaf ya Bram ..
“Mata Ibu gak bisa dibuka ni Bam … nanti ya!” jawab Ibu sambil tetep meluk guling.
“Bambam mau cerita Dino, Ibu …,” kata Bram merayu sambil nempel-nempel Ibu. Tapi, bener-bener mata Ibu kok berat banget dan kepala pusing..
“Bentar lagi, boleh ya Bam .. Ibu sakit kepala ni..,” jawab Ibu.
Terus Bram jongkok di pinggir ranjang.
“Ibu, adik Bambam mana? Bambam mau sayang adik Bambam,” kata Bram sambil megang perut Ibu yang gede. Ibu diem aja sambil ngintip sedikit.

Terus, Bram ngomong begini :
“Halo, adik Bambam .. sedang ngapain? Bobok, ya? Adik Bambam mau apa?”
“Cerita Dino…” (Kali ini Bram bikin suaranya kayak bayi..)
“Tuh Ibu .. Adik Bambam katanya mau cerita Dino ..”

Weleh!