July 2008


Semalam Ibu sampe rumah jam 00.30 karena ngerjain harian. Terus pas masuk kamar dan nyium Bram .. aduh kok panas ya .. Bram enggak keringetan, padahal biarpun pake AC biasanya bau kecut banget. Hehe .. Terus Ibu pasangi termometer, beneran deh. 38 derajat celcius. Jadi, Ibu bangunin Bram dan kasih Tempra.

Pagi ini, Bram bangun jam 08.30. Ibu bilang Mbak Siti kalo Bram panas, jadi enggak usah sekolah dulu. Bram rewel, minta dimandiin Ibu. Tapi, Ibu lap aja pake wash lap. Pas kena pipi sebelah kanan, Bram mengelak terus sambil bilang, “Pipinya capek, Ibu …” Ibu kan enggak mudeng. Terus, Bambam dipakein baju.

Pas dipakein baju, Bram juga protes. “Pipi Bambam capek Ibu ..” Kenapa? Tanya Ibu.. Pusing, ya Bram .. “Iya, pipinya Bambam pusing”. Weleh! Terus Ibu perhatiin, kok pipinya gede sebelah. Wah, gawat ni  … kena gondongan, padahal Bram sudah dikasih vaksin MMR dulu.

Jadi, Ibu nelpon Bapak, tanya apakah Bapak bisa pulang cepat nanti dan anter Bram ke dokter. Ternyata, Bapak pulang malam. Ya sudah, akhirnya Ibu pesen taksi dan kami bertiga ke Siloam. Bram pilih ke Dokter Erick daripada Dokter Andi di Omni. Yo wislah ..

Sampe Siloam, antriannya lumayan panjang. Tapi, pas dipanggil masuk, Bram enggak nangis blas dan masuk dengan suka rela. Oh ya .. Bram pakai topi, kaos, dan celana tentara yang hari Minggu kemarin dibeliin Bapak. Walaupun enggak mau bobok di bed, Bram mau buka kaos dan mulut untuk diperiksa sama Dokter Erick.

Beneran, Bram kena Mumps, Parotitis. Kalau orang Jawa bilang : gondongen. Tapi, karena sudah divaksin, bengkaknya enggak parah. Dokter Erick sempat heran karena Bram cuma panas semalam, langsung bengkak. Biasanya panasnya dua sampai tiga hari, baru bengkak. Tapi, mungkin juga sama Bram enggak dirasain. Kami-kami juga enggak peka, karena Bram enggak rewel dan makannya tetap lahap.

Bram heran lihat kaos cokelat Ibu yang gambar UFO.
“Ibu … itu kaosnya gambar apa sih?”
“Ini gambar UFO, Bam..”
“UFO itu apa?”
“UFO itu pesawat luar angkasa..”
“Pesawat kok kayak gitu .. pesawat yang aneh! Pesawat jaman dulu, ya?”

Oh .. jadi sekarang tema percakapan Bram adalah “jaman dulu” 😀

Satu botol air putih 500 ml adalah minuman yang dihabiskan Bram selama sekolah dua jam.
Dua buah jeruk yang dihabiskan Bram untuk pencuci mulut setelah makan.
Tiga potong agar-agar berarti satu porsi camilan.
Empat boneka yang selalu jadi teman tidur Bram : pinky boy, batman, monyet, dan doggy.
Lima lembar roti tawar selai kacang dan strawberry, jatah sarapan Bram kalau pagi.

Hari ini, jadwal MOS Bram adalah olahraga dan bermain bersama. Bram enggak diajak masuk sama satpam, tapi sama Bu Ana yang kebetulan sedang keluar. Mereka lewat pintu samping, terus ke kolam renang, karena di situlah ada kandang kelinci.

Ibu liat dari luar, Bram sudah masuk kelas dan beberapa kali keluar untuk pipis. Jam 11.00 Ibu pulang duluan. Oh, ya .. sejak hari ketiga sekolah, Bram pulangnya naik jemputan. Di mobil jemputan, Bram sudah punya teman bernama Nathan, TK A4.

Di rumah, Bram cerita
“Ibu .. tadi Bambam disuruh pakai pampers sama bu guru”
“Kenapa?”
“Soalnya Bambam kan pipas pipis, terus kata bu guru besok Bram pakai pampers aja..”
Jelas Ibu sama Mbak Siti ketawa.
“Terus, Bram mau pakai pampers?”
“Enak aja .. Bambam kan sudah besar Ibu ..”

Habis Bram makan, Ibu pamit mau ke kantor. Eh, Bram bilang, “Ibu .. Bambam mau sekolah lagi, ah!” Wah .. sudah mulai seneng rupanya. Sayang, besok hari Sabtu dan Bram libur 😀

Akhirnya, Ibu punya senjata buat membawa Bram ke sekolah, yaitu wortel. Jadi, Bram harus diajak satpam kasih makan kelinci dulu di belakang. Setelah itu, Bram akan dengan sukarela masuk ke kelas.

Tapi …. pas Ibu intip-intip, Bram masih suka pamit pipis dianter Bu Wiwin.

Ini percakapan Ibu sama Bram yang enggak mau masuk ke sekolah, tapi pilih main-main di halaman luar aja. FYI, sekolah Bram punya tiga area besar yang dipisah pintu pagar. Area pertama adalah halaman luar dan teras untuk para pengantar. Area kedua berisi lapangan bola kecil, taman dan dikelilingi kelas serta fasilitas lain. Area ketiga, terletak di halaman belakang, adalah kolam renang dan mainan lagi. Bram bertahan di ring 1, tanpa mau masuk ke ring 2.

“Ayo masuk sekolah, Bambam..”
“Enggak mau, Ibu .. Bambam maunya sekolah di luar sini aja..”
“Di sini kan enggak ada meja kursinya..”
“Ada tuh!” sambil nunjuk satu set meja dan kursi besar di teras.
“Wah, itu kan kursi besar .. kalo di kelas Bambam kan kecil-kecil. Lagian di sini enggak ada teman Bram, adanya mbak-mbak sama ibu-ibu”
“Bambam enggak mau berteman”

Terus, ada salah satu petugas TU yang keluar karena lihat Bram masih di luar. Dia juga berinisiatif membujuk Bram.
“Ayo .. siapa namanya (liat name tag) Bram! Masuk! Nanti di sini ada topeng monyet lo ..”, kata bapak itu nakut-nakutin Bram.
“Mana topeng monyetnya? Bambam mau liat ah!” Bram tengok-tengok keluar. Hehe .. Ibu bilang sama bapak itu kalo Bram enggak takut topeng monyet. Eh, si bapak itu pergi ke pos satpam dan ndatengin Bram sambil ngajak satpam.

Begitu diajak Pak Satpam kasih makan kelinci, Bram langsung mau. Malah, loncat-loncat masuk ke ring 2. Ibu-ibu yang di situ pada bilang, “Hayooo .. kalau enggak mau masuk ditangkap satpam lo!” Walah! Ibu jawab aja, “Bu .. Bram itu enggak takut sama satpam, orang kalau di rumah mainnya sama satpam..”

Hari ini, Bram mulai sekolah. Ibu bangun jam 6 pagi, terus bikin spagetti buat Bram. Eh, belum dibangunin, jam 630, Bram bangun sendiri. Jadi, Bapak sempat lihat Bram siap-siap.

Sedikit susah buat bujuk Bram mandi, seperti biasa. Tapi, makannya gampang, seperti biasa. Selama masa orientasi siswa (MOS), TK A masuk jam 09.15, pulang jam 11.15. Setelah rapi, Bram berangkat diantar Ibu dan Mbak Siti naik motor.

Wah, di sekolah rame banget deh .. ternyataaaaaaaa, Bram enggak mau masuk blas. Weleh. Pertama sih sudah sempet masuk, eh tiba-tiba kabuur aja. Ibu dan Mbak Siti bujukin Bram, tapi enggak berhasil. Bahkan, Bram enggak mau masuk area sekolah, padahal sebelumnya seneng banget main di situ. Bu Rina dan Bu Wiwin, guru TK A3, juga gantian bujuk Bram. Tapi, Bramnya enggak mau masuk.

Akhirnya, jam 10 lebih, Bram masuk kelas. Ibu dan Mbak Siti ngumpet. Hehehe .. Tiba-tiba Bram keluar kelas terus keliling nyari Ibu. Pas enggak ketemu, Bram keluar lagi dan jongkok di pojokan gerbang. Hehe .. Bram ditemeni sama Pak Deddy, guru TK, sambil dibujuk-bujuk biar mau masuk. Tapiii .. enggak berhasil juga, sampe pulang.

Wah gawat!

Eh, foto Bram sekolah ada di sini

Next Page »