May 2008


Hari ini, Bapak pergi ke Malang. Ibu kondangan ke mantennya Oom Tri Yuwono, terus kerja ke kantor, ngerjain liputan khusus. Jadi, Bram main sendiri sama Mbak Siti di rumah. Kasian ya .. Hari minggu, gitu lo .. hehe ..

Jadi, sorenya Ibu beliin kembang api sama kue putu sukaan Bram. Terus, pas Bapak pulang dari Malang, sampe rumah sekitar jam 20.30, Bram langsung mau pinjem komputer. Tadinya sih, Bram sibuk pamer kalau habis main kembang api. Terus, pas Bapak ambil handuk ke belakang, Bram manjat sofa dan mulai merayu.
“Bapak .. Bambam mau pinjem komputernya, Bapak ..”
“Enggak boleh ah!”
“Ah .. Bapak … Bambam mau pinjem, Bapak ..”
“Ya, tapi mejanya dibersihin dulu, ya ..”
Bram langsung ambil tisu dan sibuk mengelap meja.

Terus, Bapak naruh laptop di situ. Biasanya Bram cuma lihat foto, film, dan dengerin lagu. Tapi, sekarang Ibu nyari CD game-nya Bram yang duluuuuuuu banget (waktu itu, Bram duduk aja masih belum jejeg .. hehe..). Bapak ngajari Bram pakai mouse. Ternyata bentar aja, Bram sudah ahli. Terus .. keasyikan deh, main gamenya. Sampe Bapak selesai mandi, sampe jamnya hampir angka 22.00, Bram belum bosen. Padahal, CD game yang ketemu cuma satu, si Pipi Panda. Mainannya paling cuma mewarnai, puzzle, nyari huruf sembunyi, menangkap huruf, gitulah ..

Untung saja, sudah ada sinyal batere laptop hampir habis. Pas jam 22.00 laptopnya mati.
“Wah, Bam .. ini baterenya habis. Dicharge dulu ya .. besok main lagi,” kata Bapak.
“Iya..,” jawab Bram singkat. Terus Bram berbalik ke Ibu dan huaaaaaaaaaaaaaaaaaa … nangis keras banget. Weleh!

Ini baru hari pertama Bram main game dan udah ketagihan. Habis itu, hampir saban malam Bram main game. Bapak juga berjanji sama Bram, “Bapak enggak akan beliin kamu PS!”
(Eh, tapi kalo Xbox boleh, kan, Pak? hihihi ..)

Kemarin, di mobil pas mau ke gereja, Ibu nawari susu ultra buat Bram.
“Bambam, mau susu rasa strawberry enggak?”
Bram diem aja, tetep ngeliatin jalan sambil kegerahan. Terus Bapak yang nyautin, “Bambam mau susu sapi aja Ibu..”
Eh, Bramnya angkat bicara.
“Bukan susu sapi Bapak .. Bambam minumnya susu burung hantu!” Ha?
“Bambam itu minum susu sapi. Bambam kan anak sapi,” kata Bapak.
“Bukan susu sapi, tapi susu burung hantu,” jawab Bram, ngotot.
“Bukan susu burung hantu Bambam, susu semut, mungkin,” Ibu nggodain.
“Bukaaaaan, Ibu. Bambam minumnya susu burung hantuuuu,” masih ngotot aja ni anak. Terus kami diem deh ..

Sampe di rumah, malemnya, Ibu mau bikinin Bambam susu. Pas lihat kaleng, eh ternyata bener lo, ada gambar burung hantu pakai toga (lambang Enfakid). Burung hantunya kecil, sih .. tapi tetep kelihatan.
“Ini ya Bam, burung hantunya?” tanya Ibu.
“Iyaaaa Ibu .. Bambam minum susu burung hantu, kan?” jawab Bram, menang.
Halah! 

Hari ini, kami ke Bandung. Soalnya, ada teman Bapak, namanya Oom Eko yang jadi manten. Acaranya di Museum Geologi dekat Gasibu. Sampai tempat manten itu jam 12.30. Pertama sih, Bram enggak mau masuk. Bram malah lari-lari di halaman museum yang berumput, luas, dan adem. Asyik deh .. Tapi, akhirnya mau juga sih, masuk ke dalam.

Keluar dari tempat kondangan, sekitar jam 13.45. Kami ke FO Anakkecil di dekat situ. Ibu mau cari celana buat Bram ni .. maklumlah, celana Bram sudah pingget semua pinggangnya. Jadinya, Ibu muter-muter dan Bram ditemeni Bapak main di area permainan yang di situ. Bram dapat beberapa teman (yang dia enggak tau namanya, tapi enggak penting. Yang penting main bareng aja ..).

Dari FO, kami langsung ke Tangkuban Prahu, karena Bapak pengen ke sana. Di jalan, Bram tidur lagi dengan enaknya. Untung jalanan enggak macet, kami masuk Taman Wisata dan beli tiket (Rp 34.000 untuk dua orang plus mobil). Eh, tapi kok jalannya jelek banget, ya … asli jelek dan sepi. Cuma kami yang lewat situ. Kanan kiri hutan yang makin lebat. Setelah 6 kiloan jalan, kami sampai parkiran bus Tangkuban Prahu. Eh, ternyata kami emang salah ambil jalan. Soalnya, ada jalan masuk lain yang lebih haaaaalusss aspalannya. Hehehe …

Sampai kawahnya, sekitar jam 4 sore. Bram langsung minta naik kuda. Rp 20.000 jalan di situ-situ aja. Terus, Bapak cari tempat enak. Abis Bram naik kuda, kami jalan-jalan aja, naik turun tangga. Bram beli mainan ular-ularan. Bram pengen beli Naruto juga, tapi Bapak enggak kasih (belakangan, Bapak nyesel banget enggak beliin mainan itu.. hehe..). Kami juga minum bandrek. Jam 5 sore kami turun lagi. Bram bobok lagi di jalan.

Sampai Setiabudi, sekitar jam 17.45. Harus cari makan ni .. Akhirnya, kami masuk ke warung Ma’ Uneh yang jual masakan sunda. Eh, walaupun menyajikannya cepet, tapi rasanya biasa aja dan ternyata lebih mahal dari perkiraan kami. Hehehe .. soalnya, kebiasaan di Ampera sih. Ibu pesen sop buntut (yang enggak panas, jadi kurang sip), gepuk (tipis banget, kata Bapak kayak dendeng), tempe goreng, cumi pedas, pepes peda, nasi tiga.

Dari Setiabudi, harus beli sesuatu untuk Mbak Siti yang ditinggal di rumah ni (maklum, Mbak Siti ini mabukan, jadi kami kasian juga kalau ngajak dia pergi-pergi). Jadi, kami ke Dago, ngubek-ubek FO. Terus ke Kartikasari, beli molen.

Pulang dari Dago jam 21.00 sampe rumah jam 23.15. Capek deh … Bobok yuk!

Hari ini, Bram jatuh di Carrefour. Bibirnya kegigit dan biru. Ada sariawannya juga. Eh, Bram belum pernah sariawan sejak bayi. Jadi, ini sariawan pertama Bram. Malemnya, bibir Bram jadi bengkak dan agak dower. Hehehe ..

Terus, Bapak nelpon Bram. Bram ngadu kalau tadi jatuh sambil bilang, “Bapak, bibir Bambam jadi panjaaaang”.

(Beberapa hari lalu, waktu ada iklan operator seluler yang bibir dower itu, Bapak tanya sama Bram. “Bam, tau enggak dower itu apa?” “Dower itu bibirnya panjang, Bapak,” jawab Bram.)

Ini dia beberapa rayuan maut Bram.

Ini kalau pengen minta mainan di toko 😀

“Ibu suka mainan yang mana? Yang merah atau yang biru?”
“Ibu enggak suka, Bambam.. Ibu enggak suka robot!”
“Ibu liat dulu ..” kata Bram sambil ngambil mainan dari rak. “Bagus kan, Ibu?”
“Enggak tuh!”
“Liat dulu Ibu .. bagus kan? Mau yang merah atau biru?”
“Yuk Bam, kita nyari Bapak…” Hehehe .. putus asa mode on.

“Bapak .. ini mainannya bagus, Bapak ..”
“Iya .. bagus ya?”
“Bapak mau?”
“Enggak. Bapak enggak punya uang gimana?”
“Ini bagus, Bapak .. tuh, ada robotnya ada tembakannya. Nanti bisa buat tembak-tembak. Bagus, kan?”
“Iya bagus, tapi uangnya Bapak enggak cukup gimana?”
“Bapak kerja aja dulu sana!”
Halah!

“Ibu, Bambam mau yang mana, ya?”
“Lho… kan tadi Ibu bilang enggak mau beli mainan?”
“Bambam mau mainan Ibu ..”
“Wah, uangnya Ibu sudah habis tuh gimana?”
“Ibu kerja dulu aja..”
Huh!

Kalo ini, jurus merayu Bambam pas minta air untuk mainan atau minta puding tambahan.
“Ibu, tolong ambilin air dong!” kata Bram yang sedang duduk di kloset, pas pup
“Enggak mau.. nanti Bambam main air, pupnya jadi lama deh.. Ini kan sudah malem, Bram,” kata Ibu. Sudah jam 22.30 ni .. tadi Bram dah mau bobok, tiba-tiba sakit perut minta pup.
“Aaaah Iiiibu..” ngomongnya pake irama gitu.
“Ibu enggak mau ambilin air, Bambam. Ayo pupnya udah belum?”
“Ibu, tolong ambilin air .. dikiiiiiiit aja..” pasang muka memelas.
Capek deh … 😀