April 2008


Dua minggu lalu, tiba-tiba Bram tanya.
“Ibu, punya sesuatu enggak?” sambil bongkar tas Ibu.
Hmmm .. Ibu bingung dong. Sesuatu apaan sih?
“Itu lo Ibu .. sesuatu yang mainan ..” kata Bram.
Oh .. jadi inget. Ibu kadang beli mainan atau buku pas ke kantor. Sering juga Tante Femi yang nitip kue, buku, atau mainan buat Bram. Kadang ada oleh-oleh juga pas Tante Tanti atau Tante Lia mudik. Hehe .. Terus, Ibu bilang, “Bram, Ibu punya sesuatu ni..” Maksudnya buat surprise. Eh, ternyata Bram suka dan nagih.

Jadi, pas Kamis (24/4) lalu Ibu ke ITC Permata, Ibu cari bubble di Ace Hardware. Bram kan pengin banget bubble. Terus, pas Ibu mau berangkat, Ibu kasih bubblenya itu. Eh, Bram seneng banget dan enggak rewel pas Ibu tinggal (seminggu belakangan, kalo Ibu ke kantor, Bram suka histeris.. hiks!).

Kemarin, Ibu juga beli bubble, tapi yang ada tiupan singa. Tiupan ini pake angin kayak punya Mbak Angel. Bram pengen banget waktu itu dan bujuk-bujuk supaya kami beliin.

Nah, hari ini, Ibu bilang, “Bambam, Ibu punya sesuatu untuk Bambam”
“Sesuatunya apa, Ibu? Mainan ya?”
“Rahasia .. ”
“Rahasia itu apa sih, Ibu?”
“Rahasia itu yang tahu cuma Ibu, Bambam enggak tau, Mbak Siti juga..”
Bram jadi ekornya Ibu, ngikutin terus ke mana Ibu pergi, bahkan ke kamar mandi. Hihihi ..
“Sesuatunya mainan bukan, Ibu?”
“Sesuatunya ada gambar singanya, Bam..”
“Ada jerapahnya juga ya?”
“Wah .. rahasia..”
“???”
Pas sudah mau ke motor, baru Ibu kasih sesuatunya buat Bram.

Sudah lamaaa banget pengen ngajak Bram jalan-jalan naik bus kota, tapi selalu gagal terus karena ini itu. Nah, hari ini, kami mau menjalankan agenda itu.

Pertama, ke gereja dulu di Sanmare. Misanya jam 09.30. Ini gereja baru, jadi Bram seneng banget naik turun tangga, jalan-jalan, dsb sampai kausnya basah kuyup. Asli basah banget kayak keujanan. Jadi, di parkiran motor, kaus Bram diganti dulu sama yang kering. Setelahnya, kami menuju BTC. Deket banget sih, enggak sampe 500 meter dari gereja.

Di situ parkir motor dan langsung nyari feeder busway Trans Bintaro. Eh, ternyata busnya udah mau jalan. Wah .. lari-lari deh ngejar bus. Untung masih bisa. Ongkosnya Rp 10.000 per orang, Bram enggak diitung. Padahal Bram duduk sendiri.

Perjalanan lumayan lama, sekitar 45 menit. Lewat tol, keluar PI, Kebayoran, terus tembus Sudirman. Kami turun di Ratu Plaza. Owh, ternyata macet sodara-sodara. Enggak taunya ada penutupan Sudirman-Thamrin, cuma Busway yang boleh lewat. Jadi, kami langsung nyebrang aja ke halte Busway. Baru pertama ini Bram naik jembatan penyeberangan. Bram seneng banget dan sempat berhenti di tengah jembatan, takjub sama lalu lintas di bawah.

Agak lama nunggu, sekitar 10 menitan, akhirnya ada busway. Kami langsung naik dan turun di karet. Pas di Pintu I Senayan, buanyak banget penumpang yang naik. Bus penuh banget dan Bram kami pegangin berdua. Abis, Bram kan belum sampe kalo disuruh gantungan di bus.

Sampai Plaza Semanggi, jelas kami cari makan. Daripada bingung, ya udah di food court (Bram minta pizza sih, tapi Bapak bosen … masak makan pizza melulu). Jadinya kami memesan beberapa jenis makanan. Ibu pesan nasi timlo sama es teh tawar buat Bram, Bapak makan bakso bakar, dan Ibu dibeliin fish & chip sama Bapak. Lumayan, Bram makannya habis dan masih ngemil kentang. Tapi, pakai mondar mandir melongok ke jendela sih ..

Kenyang makan, kami mau nyari es krim karena sudah janji sama Bram. Tiba-tiba, Bram bilang, “Ibu, Bambam mau pup!” Halah .. gara-gara kekenyangan ni. Jadi ke toilet dulu. Urusan beres, baru ke New Zealand Natural beli satu scope es buat Bram. Terus, kami jalan ke Centro.

Enggak lama, udah capek dan pengen pulang. Jadi, kami ke arah luar.

Tapi, tiba-tiba di depan Centro Bram jatuh aja, terus bobokan di lantai. “Bambam, kenapa sih .. ayo bangun, kan lantainya kotor,” kata Ibu. Bram bilang, “Bambam jatuh, Ibu!” Wah .. orang enggak ada apa-apa kok jatuh sih.. Ibu marah ni. Terus, Bram bangun lagi dan jalan. Baru sebentar, jatuh lagi .. “Bambam! Ayo to .. enggak main-main gitu ah!” kata Ibu. Bapak cuma ngeliatin, karena udah jalan di depan. “Bambam jatuh Ibu ..” kata Bram lagi. Wiii .. ini anak.

Nah, baru yang ketiga Ibu liat sendiri. Ternyata beneran, kakinya Bram yang kanan kok kayaknya lemes. Enggak ada apa-apa bisa jatuh gitu. Oalah Nak .. maaf ya! Ibu nyesel banget marahin Bram. Ternyata Bram kecapekan, terus minta gendong. Ya udah Ibu gendong aja .. Soalnya, mau digendong Bapak enggak mau sih. Terus, sampe bawah, kalo liat ada yang asik, Bram mau jalan sendiri dan enggak jatuh. Kalo enggak ada yang asik, ya jatuh lagi .. hihi .. Jadi, akhirnya Bram digendong sama Bapak ke halte depan Atmajaya.

Sampe halte nunggu bus metromini atau apa kek yang bisa ditumpangi sampe depan Ratu Plaza. Tapi busnya lamaaaaa banget. Akhirnya kami naik metromini arah ragunan yang sebenernya tadi banyak lewat. Bayarnya Rp 2000 per orang, Bram enggak dihitung.

Di depan Ratu Plaza masih nunggu Trans Bintaro lagi. Yang ini asli lamaaaa banget, hampir 40 menitan. Kami sudah putus asa dan Bram sudah capek banget. Akhirnya, ada bus BSD City lewat, ya udah langsung naik. Bayar Rp 18.000 turun Pasar Jumat. Bram bobok dengan enak di bus, karena kami duduk depan sendiri. Dari Pasar Jumat naik taksi ke BTC, ambil motor. Oh, ya .. sebelum pulang, Bram naik kuda dulu di depan Alfa Bintaro.

Sampai rumah jam 17.45. Bram lari-lari di depan rumah trus jatuh lagi deh .. Duh!

 

Jam 22.00 Bram belum bobok. Malah, masih main sama Mbak Siti di kamar. Bram pegang pistol, terus sibuk nembak ke atas. “Dor .. Dor .. Dor”. Ini dialog Bram sama Ibu.
“Bambam, kenapa tadi pas Ibu ke kantor kok nangis?”
“Ibu harus kerja ya?”
“Iya .. Ibu kan cari uang. Untuk beli susu Bambam, untuk beli buku, mainan. Untuk beli bensin, kan?”
…. diem …
“Ibu, nanti kantornya Ibu mau tak to-embak! Dor .. dor .. dor .. gitu..”
“Lho, kenapa kok ditembak?”
“Biar Ibu enggak bisa ke kantor lagi…”

 

Paling susah kalo pagi mbujukin Bram mandi. Semua jurus dikeluarin deh, biar Bram mau keluar kamar dan enggak gulung-gulung aja di kasur. Bahkan, kadang udah telanjang, Bram tetep meluk bantal dan guling. Padahal, jendela-jendela udah dibuka dan kamar sudah terang benderang kena matahari. Tapi, ya gitu deh … kalo lagi angot.

Biasanya Ibu sama Mbak Siti mbujuk-mbujuk.
“Bram, yuk kita nonton Elmo…”
“Enggak mau nonton Elmo, Ibu..”
“Oh, kalo gitu Barney aja, yang jadi pilot. Mau?”
“Enggak mau…”
“Bob the Builder, mau? Yang main gitar? Ato mobil balap? Nih, ada Lightning McQueen namanya..”
“Bambam enggak mau nonton apa-apa, Ibu ..”
Halah!

Atau pas mbujukin pakai makanan.
“Bambam mau puding, enggak?”
“Enggak mau, Mbak ..”
“Puding rasa jeruk ni .. atau kue, mau enggak?”
“Enggak mau!”
“Mau apel, atau pir?”
“Bambam enggak mau makan apa-apaaaaaa…”

 

Kemarin, pulang kantor Ibu bawa kue gapit wijen. Ini adalah oleh-oleh dari Tante Tanti yang ke Cirebon. Ternyata, Bram suka banget kue gapit ini. Kalo makan enggak bisa cuma satu, tapi toplesnya dijepit di kaki.

Terus, Bram tanya sama Ibu.
“Ibu, ini namanya kue apa sih?”
“Kue gapit wijen”
“Kue apa?”
“Gapit.”

Bram diem sambil ngunyah. Terus omong lagi.
“Kok namanya sama kayak yang nyanyi Mobil Balap, ya?”
Ibu bingung.
“Yang nyanyi apa, Bram?”
“Itu lo .. yang nyanyi Ku pernah punya .. siapa namanya? Gapit, kan?”
Halah ..
“Itu namanya David, Bram .. bukan Gapit..”
“Namanya sama kayak kue, ya?”
Hihihi ..