October 2007


Kadang lucu, kalo denger Bram ngomong. Bram belum bisa bilang s dengan jelas. Jadi, kalo minta susu, ngomongnya, “Bambam mau yuyu..”

Tapi, Bram enggak kurang gaya. Pagi ini, pas Ibu mau ke pak sayur, Bram pas bangun bobok. Trus Bram liat dari jendela.

“Ibu mau ke mana, Ibu?”

“Ibu mau ke pak sayur. Bambam mau ikut, enggak? Yuk, ikut ke pak sayur aja…”

“Ibu mau belanja apa wih??” – maksudnya : ibu mau belanja apa, sih?

Weleh.

 kelinci di depan rumah

Dari dulu, pas Mbak Farah punya kelinci, Bram jadi pengen punya kelinci juga .. Wiiii .. tapi Ibu gilo tuh. Abis kalo diliat-liat, kelinci itu kayak tikus je… Akhirnya sampe sekarang Bram enggak punya kelinci. Padahal, kelinci Mbak Farah sudah ganti-ganti. Pertama mati, trus beli lagi, trus mati lagi, dan lamaaa enggak punya kelinci.

Sore ini, abis bangun tidur, Bram bingung aja. Pengen keluar, tapi pada males nganterin. Abis bentar lagi mau ke Gramedia, jadi Mbak Ami sibuk nyiapin makan Bram. Bapak bobok. Jadi, Bram main sama Ibu di halaman. Tiba-tiba, Mbak Farah, Oom Reno, sama Mas Wisnu ke taman bawa kandang. Wah, kelinci … Bram langsung panik, berusaha buka pager sambil bilang, “Bambam mau liat, Ibu …”

Pagi ini, bangun tidur, kami cepet-cepet mandi. Bram mau diajak Bapak ke Puro Pakualaman. Saban Lebaran, di Pakualaman ada pasar kaget yang jual mainan. Sampe sana, jam 09.30 sama Oom Jompet dan Oom Didit. Pasarnya lumayan rame, tapi sayang cuma tinggal dikit yang jual mainan tradisional. Dagangan yang masih ada itu, mainan dari gerabah untuk masak-masakan, terbang (semacam drum dari gerabah), dan kuda lumping. Bram beli terbang (Rp 1500) sama kuda lumping warna merah (Rp 15.000).

Abis jalan-jalan, Bram minta naik odong-odong di bawah pohon beringin. Naiknya sampe dua kali, masih minta lagi. Pas keluar, ada mobil kereta api yang keliling Pakualaman. Akhirnya kami naik kereta ini (tiketnya Rp 3000). Bram seneng banget, katanya, “Naik ta pi .. tututut…”. Turun dari kereta, Bram naik andong keliling Bintaran.

Sorenya, kami pergi ke Ganjuran sama Yang Kung dan Yang Ti. Bram seneng banget di Ganjuran. Kami bertiga naik ke Candi Tyas Dalem dan sembahyang. Bram harus digendong turun, karena mau di situ terus. Bram diajak ambil air sama Yang Ti. Abis itu, pas mau pulang, Bram enggak mau. Katanya, “Mau tut Suus.. ” – Mau ikut Yesus. Wah, siapa yang ngajarin ya?

Di parkiran, Bram makan malam. Saat inilah, Bram ketemu temen main yang seru. Namanya Mas Bagus. Seru, karena Mas Bagus pake baju superman yang keren. Bram seneng banget kejar-kejaran sama Superman ..

Rambut Bram sudah gondrong. Kata Bram, rambutnya kayak Oom Nidji. Kalo Bapak habis potong rambut, kata Bapak, rambut Bapak kayak Oom Tukul dan Bram setuju.

Rambut Bram emang keren dan tampang Bram jadi imut. Tapi, Bram jadi suka garuk-garuk kalo udara panas, mungkin kegerahan ya .. Kami memang sudah niat nganter Bram buat potong rambut, tapi kalo dirapikan rambutnya, Bram selalu histeris nangis. Jadi, Bapak Ibu agak males sih .. hehehe…

Hari ini, Bapak pengen ngajak Bram potong rambut. Yangti juga bilang, “Dah sana potong rambut, biar Yangti liat kayak apa sih gantengnya..” Maklum, nanti malam Yangti mau naik kereta, pulang ke Jogja.

Akhirnya kami pergi cari tukang cukur. Eh, ternyata masih pada tutup. Udah muter ke dua tempat, akhirnya kami ke salon Nindya. Pas mau turun, Bapak pesan sama Bram, “Mas, enggak pakai nangis lo ya ..” Kata Bram, “Iya!”

Di dalam salon, Bram bilang sama Mas Kapster, “Oom, Bambam mau potong rambut enggak pakai nangis!”. Oom kapsternya ramah dan langsung ambil kursi tinggi buat anak-anak. Bram sukarela duduk di kursi, terus diem aja pas badannya diselubungi kain lebar. Ibu pegangin tangan Bram di bawah kain. Bram dieeeem terus, sampai Oomnya nyiapin alat cukur. Kata Bapak sama Oom Kapsternya, “Mas, setengah senti aja, biar awet”.

Oom Kapster mulai mencukur rambut Bram .. Bram masih diem terus. Pas cukuran sampe deket telinga, mata Bram berkaca-kaca. Ibu bilang, “Enggak apa-apa ya .. bentar aja kok!” Trus Bram mulai ribut pas rambutnya tinggal jambul di tengah, mungkin kelamaan juga karena alat cukurnya beberapa kali mogok. “Wah, rambutnya kayak Gogon,” kata Bapak. Bram jadi ketawa, kayak semua yang ada di situ. Abis mukanya Bram lucu sih .. Akhirnya jambul itu pun habis dan Oomnya masih harus merapikan di beberapa tempat lagi. Bram gelisah karena gatel kena rambut dan denger suara mesin cukur, tapi berusaha tenang. Bapak Ibu tahu kalo Bram keliatan banget menahan diri supaya enggak nangis. Hebat, lo! Sampai selesai potong rambut Bram enggak nangis dan turun dari kursi dengan tenang. “Makasih, Oom…”

Wah! Salut deh …

after

Malam ini, Bram makan di warung kopi di Skyline Building Thamrin. Kami ambil sofa yang di pojokan dan Ibu pesan makanan. Ibu pesan black coffee buat Bapak, ice lemon tea buat Ibu, air mineral buat Bram, dan sup buat rame-rame. Terus, Ibu buka bekal makanan Bram, salmon asam manis plus brokoli dan nasi. Sambil disuapin, Bram main di sofa. Sayangnya, warung kopi ini rame banget. Banyak oom dan tante yang ngerokok di dalam. Jadi, ruangannya sumpek. Padahal, di ruang banyak banget kursi buat duduk juga lo..

Minggu lalu, Bram juga nongkrong di warung kopi di Tebet. Critanya, Bapak mau nengokin Oom Zulkifli yang sakit campak di RS Tebet. Terus, Ibu sama Bram nunggu di warung kopi situ. Tempatnya sih enak, sepi, dan kami dapat sofa yang pojok. Habis makan, Bram sibuk minta Frapuccino Ibu. Ibu kasih dikit banget, terus Ibu nawarin kue buat Bram. Di etalase, Bram langsung nunjuk muffin (padahal di situ ada juga kue yang cantik kaya cheesecake). Muffin Blueberrynya gede bener. Tapi, Bram bisa habis separuh lebih. Sampe perutnya buncit banget.

Abis makan, Bram ketemu kakak seumuran TK yang papa mamanya sedang ngopi juga. Akhirnya Bram main deh sama kakak itu. Seru banget, main kejar-kejaran. Terus, Bapak yang sudah balik dari rumah sakit, jadi ikut kejar-kejaran. Ibu sih duduk aja di sofa sambil ngopi. Hmmm… jadi inget Tante Femi ni!

Di Sendangsono, Bram juga jalan lagi. Enggak minta gendong. Malah sempat nginjak pup anjing, sambil kakinya masih nginjak, Bram tanya, “Oooo… apa ini, Ibu?” Wah! Sepatunya jadi bau deh … hihihi…

Dari Sendangsono, kami balik ke Demangan buat siap-siap ke Prambanan. Sampai Demangan jam 17.30, padahal janjian sama Oom Ragil jam 18.30. Gawat ni .. Eh, Bramnya ngamuk lagi, enggak mau turun mobil, enggak mau mandi. Maunya jalan-jalan liat patung. Ngamuknya pakai teriak-teriak kalap … Ibu sama Bapak nungguin aja. Tetangga Yang Kung sampai pada keluar nonton Bram ngamuk-ngamuk pakai muntah. Baju Bram bisa dilepas sama Ibu, tapi tetep enggak mau masuk, akhirnya ngamuk di teras sambil gulung-gulung… Jorok banget! Kata Bapak, “Apa katutan Gupolo, ya?” Hehehe… Sekitar 30 menitan Bram ngamuk, pas sudah reda, ya nurut aja dilap sama disuapin. Tapi, kan kami sudah telat …

Sampai Prambanan jam 20.00. Ramayana sudah mulai. Bram malah ketiduran di mobil. Dik Abru, anaknya Oom Ragil sudah enggak sabar pengen masuk, tapi Bram enggak bangun-bangun. Kami masuk jam 20.30 pas Bram sudah dibangunin.

Bram kedinginan, sampai menggigil, tapi sebenernya sih seneng banget .. Semua dikomentari sama Bram. “Woo .. monyetnya ngapain? Kok dibakar-bakar (pas Anoman obong) …. Itu butonya namanya siapa? (pas ada Rahwana mau perang) … Itu bawa panah siapa? (pas Ramawijaya mau berantem sama Rahwana) … Ibu, ada tivinya tu .. gede (pas liat teks yang ditembakkan proyektor di dinding panggung) … Oh! Ada kembang api tu .. Dik Abru, ada kembang api (pas ada yang main kembang api dan nongol di sela candi)…” Rame dan seneng deh! Bram enggak takut buto, malah pengen nari kayak buto.

Pas sudah selesai pentas, penonton boleh naik ke panggung. Sayangnya, Bram enggak mau.

Trus, kami pulang lagi deh … Pas lewat depan Prambanan, eh .. rame banget. Ternyata ada arak-arakan takbiran. Banyak kembang api, lagi .. Bram dan Abru seneng banget. Jadi, kami bergabung dengan kemacetan, jalan di samping arak-arakan sambil liat kembang api. Bram teriak-teriak, “Lagi .. lagi …” Pas kembang api habis, dia bilang, “Oo.. duitnya sudah habis, ya Oom…”

Hmmm.. hari ini bener-bener capek, deh! Tapi, seneng kok..

Hari ini, Bapak punya rencana besar buat Bram. Kami mau liat banyak patung, sukaan Bram. Di mana? Di Muntilan, Borobudur, dan ditutup nonton Ramayana di Prambanan. Wah … asik, ya!

Kami berangkat dari Demangan, jam 9.30. Di mobil, Bram seneng, karena di jalan aja sudah banyak patung. Tapi, lama-lama Bram ngantuk dan bobok. Sampai Muntilan, di sentra pembuatan patung, Bapak gemes liat Bram kok bobok. Akhirnya, Bapak parkir mobil di depan salah satu gerai patung, trus bilang, “Bam, tu patung banyak tuh!” Bram langsung bangun, duduk, dan haaa? Mulutnya melongo dan teriak-teriak.. “Bapak, ada patung tu .. ada patung monyet, Gupolo ..” Enggak sabar, cepet-cepet pakai sandal dan turun. Untungnya, ibu pemilik gerai baik banget. Tadinya kami enggak enak, mau nonton karena enggak niat beli. Tapi, kata Ibu itu, enggak pa-pa .. Ya udah, Bram seneng banget, juga kenalan sama cucu Ibu tadi. Namanya Elang.

 liat patung

Habis dari situ, kami langsung ke Borobudur. Lagi-lagi Bram seneng, karena liat candi. Dari parkiran, Bram sudah semangat banget jalan. Mendaki ke atas, eh Ibu pusing .. Payah ni! Ibu bilang, “Kita sampai lantai dua aja, ya ..” Tapi, Bram mana mau.. Maunya ya naik terus sampe tangganya habis. Akhirnya kami sampai di puncak. Bram muter-muter stupa yang gede dan foto di stupa. Trus muter-muterin stupa lagi, sampe lamaaaaa ..

Terus kami turun. Jalan lagi ke parkiran, sambil diputer-puterin di pasar kerajinan (sebel .. jalannya jauuuuuuuuh). Tapi, Bram enggak minta gendong. Malah, Bram seneng banget liat-liat dagangan orang. Sampai di dekat parkiran, ada warung yang memajang tiruan candi dan stupa dari kayu, Bram berhenti buat nonton. Katanya, “Patung candi…” Sama mas-mas yang jual Bram dibujukin, “Ini dik .. beli patung.” Kata Bram, “Bambam sudah punya..” Tapi mas-mas itu enggak menyerah, “Kalau gitu wayang aja .. mau?” Kata Bram, “Bambam sudah punya wayang arjuna, oom..” Lagi-lagi si mas tadi enggak putus asa dan ambil tiruan drum kecil. “Kalau drum? Mau?” Kata Bram, “Bambam sudah punya juga..” Weleh …

Habis dari Borobudur, kami ke Sendangsono, yang ternyata deket banget. Di dekat gua, kami beli lilin. Lilinnya bagus deh, ada tiga dan ada stikernya Yesus dan Bunda Maria. Sampai gua, Ibu bilang, “Bam, sini lilinnya dinyalakan!” Eh, malah dikekep sama Bram. “Enggak boleh …” “Lho, itu kan buat Bunda Maria?” Terus, Bram mendekat ke gua dan bilang, “Bunda Maria, ini lilinnya…” Abis itu terus didekep dan dibawa-bawa, enggak boleh diminta. Wah, akhirnya Bapak beli lilin lagi deh …

Next Page »