September 2007


Bram suka main laptop Bapak. Soalnya, ada gambar letterland sih … Bram mulai apal beberapa huruf. Tapi, buat beberapa huruf, Bram suka nyambung belakangnya doang. Misalnya, kita bilang Fireman .. Bram jawab, “Fred!” “Annie …” “Apple!” “Eddie …” “Elephant!”. Nah, kalau Hairy Hat Man, Yellow Yoyo Man, Uppy Umbrella, Robber Red, dan beberapa lainnya sih udah hapal.

Trus ada Bouncy Ben alias si kelinci yang suka lompat.  Pas giliran gambar Ben muncul, dengan mantapnya Bram bilang, “Boy Band…”

Hiihihihi ….

Kemarin malam, Ibu ke Carrefour Permata Hijau. Karena pulang kerja dan naik motor, Ibu enggak belanja banyak. Ibu cuma liat-liat harga aja. Eh, ternyata susu Bram, Enfagrow Vanilla, harga Rp 130 ribu sekian. Ya udahlah .. di rumah juga masih 3/4 kaleng kok.

Malam ini, pas kami mau ke Carrefour BSD, Mbak Ami bilang kalo susu Bram mau habis. Pas sampe Carrefour, wah penuh banget, sampe troli aja habis. Jadi, kami enggak niat belanja dan, sekali lagi, liat harga. Trus, Ibu inget kalo susu Bram mau habis, jadi Ibu ke rak susu. Pas liat harganya, eh kok Rp 138 ribu sekian. Ha? Apa enggak salah? Emangnya beda Carrefour bisa beda harga, ya?

dsc00318.JPG

Bangun tidur, abis ketawa-ketawa bentar sama Ibu, Bram langsung bangun liat jendela. Satu kaki di kasur, satu kaki mencoba naik. Pas akhirnya bisa manjat teralis lumayan tinggi, Bram ngomong, “Bambam minta pisang .. uuu aaa…” .Wah! Pagi-pagi kok udah ngelawak, ya?

Siangnya, abis beli buah ke tempat Mpok, ternyata Dik Gerald sama Dik Steven ada di depan rumah. Ya udah deh, sama Bram diajak main ke rumah. Baru pada mau masuk rumah, ada topeng monyet lewat .. Pas banget ni! Jadi rame-rame nonton topeng monyet deh … Uuuu aaa!

“Bambam minta duit Ibu .. Bambam mau jajan…!” Halah! Ibu kan kaget pas Bram bilang gitu. Soalnya, Bram ini enggak dibiasain jajan sih .. Biarpun temen kiri kanan suka jajan di warung, pokoknya kami-kami bersikeras Bram enggak boleh punya kebiasaan jajan, makanya di rumah selalu sedia aneka buah, puding, biskuit, dan roti buat camilan Bram. Nah, kok ini tiba-tiba aja minta duit .. Buat beli apa, sih?

Ooo .. ternyata, kata Mbak Ami, Bram suka banget beli mainan stiker seharga gopek di warung. Mainan ini dibuat dari gabus, dibungkus kayak permen gitu. Terus, nanti harus dirakit dulu. Kalau temen-temen Bram pada jajan di warung kan Bram suka ikut, tapi sama Mbak Ami diambilin mainan itu, bukan makanan. Jadi, akhirnya Bram ketagihan deh ..

Itu yang di gambar adalah salah satu contoh mainannya. Makanya, kok beberapa hari ini ada stiker seperti itu, tapi bentuknya macem-macem. Ada badut, pesawat, mobil, molen, etc. Bram sih cuma penasaran aja sama isinya. Jadi, abis beli trus dibuka, yang masang-masang dan merakit sih Mbak Ami. Bram ribut, “Ini apa ya …” Abis itu, dia nyari kartu di dalamnya. Oh, ya .. di dalam bungkus mainan itu, ada satu set gabus yang harus dirakit, manual untuk perakitan, dan kartu yang isinya dagelan jayus banget …

Lawakan itu contohnya gini ni … Bis apa yang bisa berenang? (jawabnya : bisa ikan, bisa kamu, bisa kapal selam). Trus : Daun apa yang enggak boleh dipegang? Daun touch me.

Yang paling mengerikan adalah kartu yang ditemukan Bram hari ini. Mosok gambarnya orang lagi pup (maap!) di kloset, trus tebakannya begini : Dasi dan kursi, buku biru buku biru, bahasa Inggrisnya apa hayo … (Wadooooooh!)

Gara-gara Bapak suka banget sama segala macam yang berbau balapan, Bram jadi ketularan. Abis gimana, kalo ada balapan, apalagi F1, Bapak harus nonton deh .. Kalo pas kebetulan kami pergi, ya harus sampe di rumah sebelum start. Sudah gitu, kalo nonton harus sampe finish. Walaupun Bram merayu-rayu sambil bilang, “Bambam mau liat Elmo .. Bapak …” Tetep aja Bapak cuek sambil nonton balapan terus. Hiks!

Itu sebabnya, Bram udah tau, kalo mobil balap merah itu sopirnya Schumi (walo sekarang udah enggak balapan lagi), atau Kimi. Trus, kalo mobil putih pembalapnya, ya Oom Itam!

Bapak juga pernah bilang, “Bambam, kamu kalau udah gede jadi pembalap aja ..” Weleh, Bapaknya enggak mampu, anaknya disuruh gantiin ya?? Ternyata, omongan Bapak itu terekam banget sama Bram. Pas Bapak bilang, “Bambam kalau sudah besar latihan bulutangkis ya, sama Tante Vera. Tuh, kayak Mas Wisnu, Mas Izas, Kak Nia …” Bram cuma diem aja. Terus enggak lama, Bram buka mulut, “Bambam mau jadi pembalap aja, Bapak …”

Hari Sabtu ini, Bram punya mainan baru = tembak-tembakan alias pistol. Bapak sama Ibu enggak mau banget beliin Bram pistol. Ngapain sih, mainan kayak gitu? Nah, suatu kali Bram liat film Power Rangers pas mau jalan-jalan sore.. Wah, kata Mbak Ami, Bram langsung betah deh di depan tivi. Pokoknya liat Power Rangers sampe abis, baru main ke luar. Pas main di luar itu, mulailah Bram mempraktekkan aksi Power Rangersnya. Pake nembak-nembak (pake tangan) ke temen-temen Bram.

Sampe rumah, Bram nyari barang yang bisa dipake nembak. Pertama, Bram pake corong mainan domino-nya Bapak. Udah bosen, ganti pakai palu kayu dari kotak mainan Bram. Abis itu, na … ini yang gawat, masak pake hair dryer Ibu sih? Dibawa ke mana-mana buat nembak. Payah, deh … Akhirnya, hari ini kami nyariin pistol buat Bram. Eh, tapi kok pistol di Kids Station pada serius gitu ya? Enggak ah! Serem liatnya! Mana Bramnya juga cuek, malah milih beli bubble  .. Jadi, batal deh beli pistolnya.

Sampe rumah, Ibu inget kalo pas ulangtahun ada temen Bram yang kasih kado pistol trus kami umpetin. Ada dua, satu pistol air satu pistol kartun pake batere yang bisa bunyi gitu .. Akhirnya, pistol itulah yang kami kasih Bram. Ternyata, Bram seneng banget, walo belum bisa mainnya. Pokoknya asal dipegang aja, sambil mulutnya : dor dor dor ..

Masalahnya ni .. sore ini kami ke gereja dan Bram enggak mau ninggal pistolnya. Jadi, baru sekali ini deh ke gereja bawa mainan. Tapi janjinya, “Nanti ditinggal di mobil ya Bram ..” “Iya,” kata Bram.

Emang sih, pas sampe gereja, pistolnya ditaruh di laci dashboard. Trus kami turun ke gereja. Eh, baru duduk bentar, Bram udah bingung aja, mau ke mobil. Akhirnya Bram lari deh ke mobil ambil pistolnya. Wah! Trus Bapak bilang, “Mas, kalau di gereja enggak boleh bawa pistol. Nanti dimasukin tasnya Ibu, ya ..” Bram mau aja. Walah .. padahal Ibu bawa tas kecil. Payah ni ..

Nah, kami duduk di luar, tapi lurus sama altar. Bram ngajak pulang terus, karena janjinya nanti di rumah boleh main tembak-tembakan, kalau di gereja enggak boleh. Tapi, Bapak Ibu bilang, “Kan romonya belum selesai, tu!”. Jadi Bram yang bete pilih jalan di lorong gang, menuju ke altar. Wah .. wah .. berkali-kali Bram jalan ke altar, trus diem aja di situ, nonton Romo dan putra altar di depan.

Pas komuni, Ibu ajakin Bram minta berkat ke altar. Kami jalan dari pintu masuk, yang jauh banget lo, dari altarnya. Eh, sampe di depan kok Romonya enggak langsung kasih berkat Bram. Ibu liatin, ni Romo ngapain sih? Eh, ternyata Romonya kasih tangan sama Bram, “Toss dulu .. ayo toss dulu..” katanya gitu. Bramnya pertama bengong, tangannya tetep posisi sembahyang, tapi terus kasih toss juga. Abis itu, baru deh Romonya kasih berkat Bram. Lucu .. soalnya anak-anak kecil lain enggak diajak toss sama Romonya. Mungkin karena Romo liat Bram jalan-jalan ke arah altar terus …

Selesai misa, kami pulang. Eh, sampe rumah Bramnya ngamuk-ngamuk. Katanya, “Bambam mau minta berkat sama Romo ….” Waduh!

Suatu malam, Bram bobok sama Bapak dan Ibu. Abis minum susu dan air putih, Bram enggak mau langsung bobok. Tapi, biasa .. pecicilan dulu. Minta dibacain bukulah, minta dinyanyiinlah .. padahal Bram udah ngantuk banget. Begitulah kalo pas bobok sama Bapak Ibu, ritualnya komplit.

Nah, pas Bram udah diem aja sambil matanya kosong, ngeliatin plafon. Ibu pikir sudah mau bobok. Eh, tiba-tiba Bram nyanyi, “Mbak Tini makan tulang … tulang…”. Ada notasinya. Terus tangannya goyang. Pas Mbak Tini makan tulang : tangan kanan goyang. Abis itu ganti tangan kiri sambil nyanyi : tulang! Abis nyanyi, Bram ketawa. Lha, Ibu sama Bapak enggak mudeng, ngapain sih … Bram sampe ngulang-ngulang lagunya berkali-kali. Akhirnya, lama-lama Ibu ngeh juga, terus ketawa deh .. abis lucu banget. Kata Bram, “Kayak wayang, Ibu ..” Hihihi …

Ya udah, diterusin aja lagunya. “Bambam minum air putih .. putih..” “Bambam baca buku … buku…” “Ibu naik motor .. motor” “Bapak ke kantor .. kantor …” Hahahaha … akhirnya bobok deh, si wayang Bapak Ibu ini .. kecapekan nyanyi.

Next Page »