August 2007


Hari ini, kami abis misa main di ITC. Soalnya Bram mau liat patung. Abis itu, pulang deh .. Di jalan, Bram bobok dengan manis. Sampe rumah, ditaruh di kasur, eh, malah bangun .. ya udah, enggak jadi bobok.

Akhirnya, Bram mandi aja, karena udah jam 16.00. Bram mandi di belakang, pakai ember biru yang gede itu. Tadinya, Ibu ada di situ, sama Mbak Ami, nemeni Bram. Trus, Mbak Ami ke dapur, nyuci piring. Ibu juga ke teras, ngobrol sama Bapak. Kami denger Bram bilang, “Bambam gosok gigi dulu ya …”. Tapi, kami cuek aja. Eh, taunya Mbak Ami njerit-njerit, “Bambam .. jorok ih! Itu kan kotor sikatnya…”. Ya kami lari-lari deh ke belakang. Taunya, Bram nemu sikat gigi bekas yang udah untuk nyikat sepatu. Bram gosok gigi pake sikat gigi yang udah item itu … Hiii…

Bram sedang seneng mainan hape. Sukanya serius banget pencet-pencet pake hape Ibu atau Bapak, terus pura-pura nerima telepon. “Halo, Dik Gerald (selalu dik gerald, entah kenapa)” … “Apa?” … “Iya.. babalalalalalala ..” Ya, gitu deh!

Pagi ini, Bram bangun jam 05.45 pas Bapak mandi. Bapak mau berangkat ke kantor. Trus, Bram keluar kamar, ngeliat Bapak bawa hape, langsung deh, hapenya dipinjem. Pas sudah mau jam 06.15, Bapak sudah harus berangkat. Bapak minta hapenya sama Bram. “Mas, Bapak mau ke kantor ni ..” “Endak boleh, Bapak..” “Bapak pinjem hapenya dulu sini!” “Endak boleh..” “Lha, nanti Bapak telepon Mas Bram pake apa dong, kalo enggak bawa hape?” “Pake pisang aja, Bapak..” Wah, emangnya Tuan Noodle, apa?

Hari ini, Bapak pulang dari rumah sakit, abis nyabut pen di jari kaki kanan. Soalnya, Bapak kan udah lima tahun punya pen itu, gara-gara kesenggol rombong isi tempe deket pasar, pas tahun 2002.

Nah, sorenya, Bram mandi di bak di belakang. Bapak sedang liat tivi. Terus, Mbak Tini sedang makan. Tiba-tiba Bram teriak, “Mbak Tini anjing…”. Weleh .. Bapak kan kaget banget, langsung deh ke belakang. Terus tanya sama Bram. “Kenapa sih, Bambam?” “Mbak Tini anjing, Bapak .. Mbak Tini makan tulang,” kata Bram sambil ketawa. Wah wah!! Repot deh…

Pagi ini, Ibu nemeni Bram main sepak bola di depan. Bram seneng banget nendang bola, ato ngejar bola yang ditendang sama Ibu. Bram sudah lama punya bola sepak yang besar (belinya tahun 2006 pas ada Piala Dunia itu lo!), tapi baru belakangan ini seneng banget sama bola itu.

Nah, karena sudah siang, Ibu kan harus ke kantor. Pas Bram lagi ketawa-ketawa, Ibu bilang, “Mas, Ibu ke kantor dulu, ya .. Udah siang ni!” Bram yang lagi pegang bola jawab, “Enak aja!” weleh ..

Malam ini, Ibu sampe rumah jam 22.15. Bapak sama Bram sudah bobok. Ibu bangunin Bapak, minta bukain pintu. Pas Ibu masuk, wah .. kaget. Ternyata ada muntahan Bram di depan kamar mandi. “Muntah, ya? Ngapain?” “Iya,” kata Bapak sambil ngambil ember pel buat bersihin. Muntahannya banyak deh .. Akhirnya Ibu bersihin deh pake karbol.

Sambil Ibu bersihin muntah, Bapak crita. Katanya, abis muntah, Bram masuk ke kamar lagi, mau bobok sambil minum air putih. Terus Bram bilang, “Bambam kenapa tadi muntah, Bapak?” “Bapak enggak tau. Kenapa, Bambam?” “Susunya ada cabe-nya, Bapak …”. Weleh! Kok bisa lo …

Malemnya, pas Ibu mau bobok, jam 01.00, Bram bangun. Terus minta minum. “Bambam mau minum putih, Ibu..” Ibu nawarin susu, soalnya Bram pasti laper deh, habis muntah gitu .. tapi Bram enggak mau. Bram cuma minta air aja. Beneran, Bram enggak bisa bobok sampai jam 01.45. Akhirnya Ibu bilang lagi, “Bambam minum susu aja, ya?” Kata Bram, “Enggak mau Ibu.. Susunya ada cabenya”. Hihihihi … Terus Ibu janjiin, “Susunya enggak pake cabe, deh!” “Ya.. Bambam mau Ibu ..” Hihihi .. susu kok pake cabe…

(Paginya, Mbak Ami tanya, “Tadi malem muntah, ya Bu..” “Iya, pas mau bobok” “Wo .. itu kan kekenyangan. Soalnya habis makan (berarti sama makan buah juga, di rumah ada jeruk, semangka, anggur) Bambam minta roti abis itu minta sirsak. Ya udah saya bikinin jus sirsak, habis satu gelas ..” Habis itu, minum susu karena mau tidur. Wah!)