February 2007


Siang ini, Ibu, Bapak, dan Bram ke Giant beli susu. Kebetulan Bapak belum masuk karena masih cacar air. Ibu juga bisa ke kantor siangan. Di mobil, Bram sibuk sendiri.
Jari telunjuknya masuk ke hidung. Tiba-tiba Bram narik jarinya ke luar. Bram panik banget .. “O… o … apa ini Ibu .. apa ini Ibu ..”, katanya sambil ngasih jarinya ke Ibu. Ternyata, di ujung jari Bram, bertenggerlah sebuah upil. Ibu sama Bapak langsung ketawa. “Itu upil Bambam …”

Setelah kejadian ini, Bram jadi ketagihan …. ngupil.

Jam 430, Tante Vera manggil-manggil, katanya air di jalanan Eldora sudah selutut. Gawat deh .. pas kami kebanjiran, mereka aman, sekarang kok malah mereka kebanjiran. Akhirnya Bapak, Ibu, dan Mbak Ami siap-siap lagi buat ngungsi. Gondok sih, kan barusan bersihin rumah kok kebanjiran lagi.

Bram dibangunin jam 5, dan kami ke luar, ke mobil. Semua tetangga sudah keluar, ada yang ngungsi, ada yang nunggu. Bram enggak betah di dalam mobil, akhirnya jam 630 kita ke sport center. Di sana, ternyata sepi banget, Bram sibuk lari-lari di lapangan badminton dan abis itu pup (weleh!). Terus, kami cari sarapan. Bubur buat Bram, Ibu, dan Mbak Ami, nasi goreng untuk bapak.

Abis itu, kami balik ke deket rumah. Orang masih pada ngumpul di mobil masing-masing. Air belum surut. Akhirnya, Bapak dan Ibu mutusin mau ngungsi ke rumah Yang Gogo di Pamulang. Soalnya, kasian Bram, ntar sakit lagi kalo ngungsi sembarangan. Lagian, Bapak sudah ditelepon kantor melulu. Ibu juga harusnya sudah ngantor abis sakit cacar air. Karena Bram bobok di mobil, Ibu sama Bapak balik ke rumah. Air di jalana masih sepaha, di dalam rumah separuh betis. Terus, Ibu sama Bapak ngumpulin baju dan barang yang mau dibawa. Ibu juga nyuci baju Bram yang sudah direndem Mbak Ami. Soalnya bau sih .. Eh, abis nyuci kok keliatan banget airnya surut. Surutnya cepet banget, lagi ..

Akhirnya Ibu sama Bapak dorong2 aja, lumpurnya biar keluar. Taunya Bram sama Mbak Ami nyusul pulang. Bram menganiaya Mbak Ami, minta turun. “Bambam mau main awiiiii…”, katanya. Pas digendong Bapak, Bram juga nyakar, mukul, dsb minta turun. Jadi, Bram diturunin di halaman yang masih banyak air cokelatnya. Bram seneng banget berenang di situ. Ibu, Bapak, sama Mbak Ami bersih-bersih di dalam. Pas sama Bapak disuruh bantuin Ibu di kamar, Bram enggak mau. Katanya, “Awinya koto, Bapak ..” Padahal, Bram mandi di air banjir juga lho … Piye to?

Sudah cukup main air, Bram yang histeris diangkat ke kamar mandi, mandi air hangat sama detol. Abis itu, Bram dikeroki Mbak Ami, merah deh .. Tapi, Bram enggak mau bobok. Jam 1730 Bram diajak naik motor sama Bapak Ibu beli gorengan. Jam 1745 Bram bobok di motor. Malamnya dibangunin disuruh makan enggak mau. Kata Bram, “Bambam mau bobok aja, Ibu ..” Akhirnya Ibu kasih susu dua kali deh, jam 22.00 sama jam 02.30.

Bram bangun hari rabu, 7 februari jam 730. Kayaknya Bram balas dendam ni, bobok di rumah Bram. Walaupun masih lembab dan lemarinya pada busuk …

Bangun pagi, Bram sudah sembuh. Bram langsung minta roti, sama nanak susu. Tapi Ibu enggak kasih, soalnya Mbak Ami sedang masak sop makaroni pakai kacang polong kesukaan Bram. Akhirnya Bram sarapan dulu. Wah, abis banyak lo .. Seharian ini, Bram juga ngemil. Kayaknya sih balas dendam kemarin seharian enggak makan, ya .. Bapak sama Ibu belum ngantor. Bapak takut airnya naik lagi, karena di kompleks Setneg di bawah, airnya masih setinggi pintu rumah.

Hari ini, jam 1.30 pagi, rumah Bram digedor sama satpam. Katanya, “Pak .. Bu, bangun, banjir…”. Wah, Bapak sama Ibu langsung bangun dan lari ke luar. Tapi, gak ada banjir. Air di jalanan emang banyak, tapi belum masuk rumah. Jelas aja, Bapak sama Ibu enggak percaya kalo banjir. Tapi, Bapak cepet-cepet bawa mobil dan motor keluar blok. Ibu, Mbak Darmi, dan Mbah Ti nyiapin barang-barang yang perlu dibawa.

Eh, bener juga lo .. enggak sampe 15 menit, halaman sudah penuh air. Bram langsung dibangunin dan kasurnya diangkat. 15 menit kemudian, mulai masuk rumah, kalau ada mobil yang lewat jalanan. Masalahnya, rumah Bram ini paling depan, jadi semua mobil tetangga, pasti lewat depan rumah. Makin lama kok air yang masuk makin banyak. Terus, Bram digendong Bapak ke luar, ke mobil. Bram langsung bengong. Katanya, “Wow ..wow.. awinya dimana-mana…”.

Jam 2.45 kami keluar kompleks, cari hotel. Dapat hotel transit deket pintu tol, tapi mahal banget. Masak Rp 400 rb per 12 jam, sih. Akhirnya kita pake 6 jam aja, pokoknya sampe terang dan cari hotel lain. Ibu, Bram, Mbak Darmi, dan Mbah Ti rame-rame bobok situ. Bapak balik lagi ke rumah, bantu-bantu di sana.

Jam 9.30 banjirnya belum surut, akhirnya kami cari hotel lain. Dapat hotel kecil, namanya Permata Mulia. Lumayan sih, yang penting bersih, dan ada air buat mandi.

Biarpun rumah kebanjiran, kita hepi aja. Malah main ke Carrefour, makan di Hokben. Sorenya, Bram jajan bubur ayam gerobakan deket hotel. Bram seneng banget diajak jalan-jalan sore. Apalagi depan hotel ada kampus Unis. “Babam mau sekolah, bu…”, katanya. Weleh!

Malamnya, Bapak balik ke rumah, Bram, Ibu sama Mbak Ami bobok di hotel.