November 2006


Hari ini Mbak Yani izin karena mau masak buat pilkada besok. Jadi, pagi-pagi abis sarapan bubur ayam kampung istimewa yang cuma jualan kalo sabtu minggu, Bram pijet ke Bu Projo sama Bapak Ibu.

Abis pijet, mulailah hari mbeling nasional Bram. Pertama, Bram mau nyuci baju. Ibu kebetulan sudah ngerendem baju-baju Bram. Langsung deh, Bram misahin baju dari rendeman attack itu. Separuh dimasukin ke ember yang ada air bersihnya, tapi sebagian besar dicemplungin ke ember pel yang ada pel bekas pakai.

Trus, Bram minta pup. Seperti biasa, Bram didudukin di kloset. Dia juga ambil gayung dan mandi sendiri pake air dari bak. Airnya diminum sama Bram sampai keselek-selek.

Abis itu, karena Ibu mau masak, Bram main sama Bapak. Bapak benerin mobil di luar, terus Bram duduk di dalam sambil masuk-masukin kaset ke tape mobil. Lamaaaaa.. banget Bram anteng di dalem. Tiba-tiba, dia teriak, “Bapak .. Baba pik ni!” Yang artinya : Bapak, Bambam kejepit ni … Bapak langsung lari nengok ke dalam mobil. Ternyata, satu kaki Bram sudah berbalut pita kaset. Sampai kayak pakai kaus kaki.

Di dalam kompleks, ada pedagang mangga yang naik becak. Dia suka teriak-teriak di depan rumah, karena rumah Bram deket sama gerbang. Jadi, kali masih seger banget tu Abang. Katanya, “Manggaaaaaaaaaaaa…”. Mbak Yani suka kesel, soalnya kadang-kadang abangnya dateng pas Bram mau bobok siang. Bram pasti langsung bangun trus ngintip dari jendela kalo denger ada teriakan mangga itu. Mbak Yani terus bilang, “Enggak beli, enggak punya duit!”.

Kayaknya Bram suka banget denger omongannya Mbak Yani itu. Jadi, setiap ada abang-abang jualan yang lewat, es krim, mangga, asinan, es doger, Bram bakalan ke depan pintu terus bilang, ” Dak eli .. dak unya uik!”.

Hari sabtu sore ini, Bram sedang main di luar, pas Bapak mau beli rokok. Terus, Bapak ngasih Bram uang 10.000 buat dibawa ke warungnya Encik. Sampe di depan rumah Oom Pendeta, ada tukang balon toet-toet masuk. Bram langsung lari ke tukang balon sambil ngibar-ngibarin duit Rp 10.000-nya.

“Mas … Mas …”, kata Bram. Tukang balonnya sih langsung marani Bram dengan senyum lebar. Pas tukang balonnya sudah deket, Bram bilang, “Dak eli .. dak unya uik!”. Tapi 10.000-nya masih dikibas-kibasin. Pas Bapak njelasin sama tukang balon, langsung deh tukang balonnya bete banget.

Wah, hari ini Bapak kerja. Jadinya, Bram sama Ibu dan Mbak Yani main di rumah. Siang-siang, Bram cari cemilan ke meja makan. Terus Bram ngeliat donat di atas meja.
“Bu .. nta uwee!” – Bu, minta kue.
“Bentar, Ibu ambilin. Ini donat!”
“Donat bebek” kata Bram sambil pergi bawa donat.
Wah, langsung aja Ibu sama Mbak Yani ketawa ngikik. Kok Bram bisa plesetan ya?