January 2006


Kata Mbak Was, kalo ada Ibu sama Bapak, Bram mainnya bebas. Memang sih, Bram boleh main apa aja. Bram boleh nyabutin rumput sama duduk di tanah di taman depan. Bram boleh main prosotan pasir di depan rumah Oom Reno. Bram boleh main semut sama ngorek-ngorek semen di kusen pintu … pokoknya Bram boleh main apa aja deh!

Menurut Ibu sama Bapak, biar aja Bram main begitu. Soalnya, pertama Bram enggak suka dilarang, apalagi kalo larangannya enggak masuk akal. Misalnya, nanti tangannya kotor (kan bisa dicuci), nanti sepatunya basah (bisa dijemur), nanti rumputnya mati (masak, sih … kambing aja makan rumput enggak abis-abis tuh rumputnya) … jadi, ya biarin aja, daripada Bram ngamuk-ngamuk. Hehehe …

Tapi, kalo larangannya masuk akal, Bram bisa direm juga kok. Misalnya, Bram enggak boleh main raket nyamuk, nanti kesetrum. Pas Bapak pulang kantor, Bram sama Bapak main raket nyamuk. Pertama sih, Bram make raket itu buat main badminton. Eh, dia lupa, lama-lama buat main kicik-kicik kayak dangdutan gitu … ya udah deh, tangannya kesetrum. Abis itu Bram nangis kenceng, katanya Bapak, tapi sekarang kalo dilarang main raket, ya nurut. Enggak ngamuk-ngamuk 🙂

Bram belum bisa jalan sendiri. Jalannya masih pegangan apa aja … Yang Aik yang liat Bram terus memberi usulan. Gimana kalau Bapak/Ibu pinjem baby walker sama tetangga yang udah enggak pakai lagi … “Paling cuma dipakai dua tiga bulan, udah bisa jalan sendiri”.

Bapak/Ibu memang enggak beliin baby walker, karena banyak angka kecelakannya juga. Dik Tobi yang ati-ati itu aja, njungkel sampe dua kali. Ibu enggak ngebayangin kalo Bram yang naik … Serem ah.

Ternyata Mbak Farah punya baby walker. Kata mamanya, itu bekas kakaknya Mbak Farah, namanya Mas Wisnu. sekarang Mas Wisnu udah kelas dua. Nah, Ibu pinjem sama mamanya Mbak Farah. Langsung diambilin di gudang lho …

Terus baby walkernya dibawa ke rumah. Bram langsung hepi banget. Tapi, kok baby walkernya pendek banget, ya .. terus kursinya udah lepas. Begitu Bram masuk, dia langsung … jongkok. Pantatnya Bram bikin lepasnya kursi tambah parah … Waduh! Kata Bapak, kembaliin aja, daripada ngerusakin, ntar malah enggak enak .. hehehe … Ya udah .. Bram batal pake baby walker, ya ..

Mbak Angel sudah pulang ke Lombok. Kata Oma, karena Bapaknya kangen. Kemungkinan Mbak Angel balik lagi bulan Mei, abis dia ulangtahun. Tapi, kemungkinan juga enggak balik lagi. Mbak Angel berangkat tanggal 24 Januari kemarin. Terus, Bram dapat kenang-kenangan yang asik : sepeda roda tiga Mbak Angel.

Begitu dapat sepeda Mbak Angel, Oom Ari langsung bongkar. Dia juga belanja pilox dan baut. Ceritanya Pimp My Ride. Sepedanya dicat dan dikencengin baut-bautnya. Jadinya bersih lho …

Bram seneng naik sepeda Mbak Angel. Bram juga seneng main sama Mbak Angel. Wah, Bram kehilangan Mbak Angel ni … Sampai ketemu, Mbak Angel …

Entah kenapa, Bram sulit sekali makan nasi. Setiap makan nasi, pasti deh langsung sakit gigi alias pipinya nggembung karena makanan diemut. Maemnya abisnya lamaaaaa banget. Tapi, beda kalo makan roti, biskuit, dan makaroni. Wah, cepet banget, sambil minta : naaaaak .. naaaaak! Jadi, Ibu minta Mbak Was cari masakan roti aja.

Tapi, mosok tiap hari makan roti dan makaroni, sih! Sekali-kali makan nasi juga dong, biar belajar ngunyah. Nah, Mbak Was pinter ni .. solusinya, Bram dikasih kerupuk. Bukan kerupuk beneran, tapi Marie Regal. Jadi, makan nasi, lauk, sayur, plus Marie Regal. Walopun tetep lama, tapi Bram jadi lebih suka ngunyah. Malah Marie Regalnya bisa abis dua, tapi nasinya cuma sepiring. 🙂

Bram paling suka manjat-manjat. Dia sudah jago manjat sofa, terus naik ke sandarannya. Kalo cuma naik turun kasur sih, tiap hari juga begitu. Naik kereta sendiri? Siapa takut? Bram bisa manjat dari tempat kaki. Kursi makan juga bisa dipanjat.

Kalo pas main di bawah, Bram suka nunjuk-nunjuk boks tempat tidurnya dulu pas bayi (sudah sebulan ini Bram engga bobok di boks, tapi di kasur aja. soalnya boks Bram sudah sesak). Dia heboh sambil bilang, “Naik… Naik!”. Minta dinaikkin ke boks. Kalo liat motor Ibu nganggur, juga bilang, “Naik .. Naik!”. Pokoknya semua hal yang “Naik … Naik!”, sudah pasti mau deh!

Kosakata Bram : Naik, Mam, Nak .. Nak .., Hu!, Pak, Bapak, Mbak, Mbeeek, Mooooo, Huik!, Iaaaaaa (Celia), Obi (Dik Obi), Maaaaamaaaaa, Ce! (AC), Njiiiiir (banjir).

Hari ini, Bapak pengen liat-liat motor. Tapi, karena lokasinya macet, ya Ibu ngajak naik motor aja. Ngirit bensin nih .. bensin kan mahal. Trus Bram mau diajak juga, dengan syarat, Bram bobok pagi dulu.

Ternyata Bram enggak mau bobok. Habis minum susu sebotol penuh, eh… malah ngajak keluar kamar terus main-main. Bram takut ditinggal, ya? (penyakit Bram tiap sabtu/minggu adalah susah banget bobok pagi dan siang, takut Bapak/Ibu pergi enggak diajak. hehe). Akhirnya, kita berangkat aja, sama Bram. Bener, baru keluar rumah 400 meteran, Bram udah bobok dengan sukses. Bram bobok terus, waktu motor kita lewat jalanan macet, penuh angkot, dan asap. Wah .. lumayan juga, ada satu jam. Hehehe ..

Pulangnya, Bram bobok lagi di motor. Ibu yang bawa motor, Bapak di belakang, megangin Bram. Tapi, di jalan ujan. Pertama sih, gerimis aja. Lama-lama agak deres. Terus Ibu berhenti, karena baju sudah basah. Tapi, kata Bapak, enggak usah ambil mantel yang ada di bawah jok, karena nanti Bram bangun. Toh, Bram enggak kena air blas. Bram dipeluk sama ditutupi badannya Bapak. Ya udah .. Bram menerobos hujan 🙂

Rencananya, Bapak pengen nyari ransel yang pangki buat naik motor. Jadi, siang ini, habis semua makan siang, kita rame-rame berangkat ke Bogor. Bram enggak mau bobok pagi. Ya udah .. nanti kan bobok di mobil 🙂

Semua ikut ke Bogor. Bapak, Ibu, Bram, Oom Ari, Celia, Dik Obi, dan Mbak Was. Tante Nina enggak ikut karena sakit flu. Dari rumah jam 1 siang. Sampe Bogor jam 3. Kita langsung ke Tajur. Keliling-keliling ujan-ujanan, tapi tasnya Bapak enggak dapet.

Terus kita berhenti di Pujasera yang ada Martabak Air Mancur, karena sudah jam makannya anak-anak. Bram makan bekal dari rumah. Celia dan Dik Obi makan nasi dan bakso. Ibu makan soto bogor, Bapak nasgorkam, Mbak Was dan Oom Ari makan pempek.

Pas Bram udah habis makan, rasanya bete banget. Habis, temen-temen lain masih belum selesai makan. Akhirnya Bram main sedotan. Sedotannya ditaruh mulut, trus kedua tangannya heboh diayun-ayun ke atas. Mulut Bram juga keluar suara-suara. Eh, enggak taunya Bram niruin tukang parkir di bawah.

Next Page »