November 2005


Pak sayur enggak keliatan. Jadi, Bram ikutan ibu ke pasar. Boncengan, digendong Mbak Was. Baru keluar gang, Bram udah bobok. Sampe pasar, bengong liat angkot dan motor di pinggir jalan.

Abis belanja, kita pulang. Bram bobok lagi di boncengan. Terus, sampe rumah, masih bobok .. hehehe .. capek, ya, kemarin maiiiiiin terus seharian.

Gaya favorit : Tepuk tangan sambil manggil-manggil “Paaak.. Paaaaak…” Koleksi kata-kata : Mbaaaaaaaaaaaaaak, Paaaaaaaaak, Maem, Mama, Wuuuuuuuih!, Iiiiiiiiih!

Tadinya mau ke gereja. Tapi, Bram, bapak, sama ibu kesiangan bangun semua. Masak baru bangun jam 6.15. Jadi siangnya, kita ke Karawaci sama mbak Was. Bram maem, terus naik mainan di Time Zone. Terus pulang, tapi di jalan bobok. Sampe rumah masih bobok. Akhirnya ibu bangunin jam 17.45 karena blom maem sore.

Abis maem, Bram mainan laron sebentar. Inilah pertama kali Bram liat laron. Di rumah memang pas banyak laron karena abis ujan. Cecaknya juga pada dateng.

Terus jam 18.40 Bram, bapak, dan ibu berangkat ke gereja. Pulang gereja mampir ke Giant beli Similac buat Bram.

Oh, ya .. dapet ikan tengiri gede banget dari Oom Sigit yang abis mancing di laut. Terimakasih, ya Oom! 

Ini hari Sabtu pahing, dalam kalender Jawa. Sekarang weton-nya Bram. Sejak tangannya gatel, Bram jadi aktif banget. Suka teriak kenceng, mondar-mandir ke sana ke sini.

Oh, ya .. ada mainan baru : CD-nya bapak. Asyik juga mbongkar-mbongkar sampul CD dan DVD-nya bapak.. Bisa betah lama mbuka sampul, sampe melet-melet lidahnya.

Sabtu ini, bapak masuk kantor setengah hari. Ibu juga harus wawancara ke Kelapa Gading. Jadi, Bram ikutan. Di mobil pas berangkat (jam 13.45), Bram bobok. Sampe di lokasi, Bram digendong bapak, pas ibu lagi kerja. Habis itu, Bram numpang makan di McD. Makanannya sih bawa tim ceker dari rumah. Uuh .. enak banget. Bram makannya banyak, soalnya lagi ada yang ulangtahun. Seneng banget ndengerin kakak-kakak pada nyanyi.

Nah .. abis makan kita ke Toys ‘R Us Pondok Indah, beli mainan buat Bram. Bram udah enggak suka lagi mainan yang lama, kebanyakan boneka, dia mulai suka benda-benda yang bisa bergerak (lokomotif Nunu, truk Bram, Uli) sama main drum pakai semua benda.

Wah .. pagi-pagi Bram sudah kejedhuk tembok di kamar. Abisnya gulat sama ibu, narik-narik bantal, terus kebablasan sampe ke tembok. Dari bangun pagi sampe ibu ke kantor, Bram jatuh nggeblak tiga kali. Terakhir, pas tangannya bawa wortel, terus lonjak-lonjak sambil duduk. Eh, lompatnya ketinggian. Jatuh deh, ke belakang .. terus nangis karena kaget. Untung kejedhuknya enggak keras banget…

 Tapi, hari ini, Bram sudah mulai bisa tepuk tangan .. Plok! Plok .. seneng banget!

Minggu lalu, tangan Bram gatel. Lama-lama tambah parah, bentuknya jadi seperti kena sundutan rokok. Bramnya sih cuek aja, tetap maen, dan enggak pernah digaruk-garuk. Tapi, kok semakin hari, malah merembet jadi luka baru. Di muka juga mulai muncul merah-merah yang ada air di puncaknya.

Senin kemarin dibawa ke Dokter Nadjib. Ternyata, Bram kena cacar monyet (impetigo bullosa).

Enggak ada hubungannya sama cacar dan enggak ada hubungannya sama monyet. Penyakit gatel ini menyerang bayi sampai umur tiga tahun. Bram diberi antibiotik dan salep untuk jamur. Sementara, Bram diisolasi dulu dari temen-temen.

Eh, kemarin pagi, Mbak Farah teriak-teriak di depan rumahnya. “Dik Bambam sakit, ya? Dicakar monyet, ya?”, kata dia. Maklum, Mbak Farah kehilangan karena hampir tiap pagi main ke rumah. Hari ini Bram sedang senang ada di kamar mandi. Soalnya, di situ ia bisa ndengerin suara Mbak Angel di rumah sebelah.

Sejak kematian anjing Dogol, Bram malah kedatangan banyak teman. Pagi-pagi, ada Mbak Farah main ke rumah. Sore tadi, ada Mas Kanza, Mbak Farah, Cik Reza, Mbak Angel, dan Mbak Zahra. Wah, Bram seneng banget kalo banyak temen. Giginya keliatan, soalnya pasang senyum teruuuuuuuuus…